Langsung ke konten utama

Terapi dan Jenis Pengobatan Penyakit Mioma

Terapi dan Jenis Pengobatan Penyakit Mioma


Terapi dan Jenis Pengobatan Penyakit Mioma. Tidak ada pendekatan terapi tunggal yang terbaik untuk mioma atau uterine fibroid ini. Oleh karena itu, banyak pilihan terapi yang tersedia.

Menunggu dengan was-was

Banyak wanita dengan uterine fibroid atau mioma tidak mengalami gejala dan tanda mioma. Jika anda mengalami keadaan seperti ini, menunggu dengan tetap wapada adalah pilihan terbaik. Fibroid atau mioma tidak bersifat kanker. Mioma jarang menganggu kehamilan. Mioma biasanya tumbuh dengan lambat atau tidak tumbuh sama sekali dan cenderung mengecil setelah menopause ketika kadar hormon reproduksi menurun.

Baca : Mengenal Definisi dan Gejala Mioma

Pengobatan Penyakit Mioma

Sasaran pengobatan mioma adalah hormon yang mengatur siklus menstruasi, mengobati gejala, seperti perdarahan menstruasi yang hebat dan tekanan panggul. Obat-obat ini tidak menghilangkan mioma, tetapi mungkin dapat mengecilkan ukuran mioma tersebut. Pengobatan untuk mioma meliputi:

a. Agonis GnRH

Pengobatan dengan agonis GnRH mengobati mioma dengan membuat kadar estrogen dan progesteron alami turun, menempatkan anda pada keadaan posmenopause sementara. Sebagai hasilnya, menstruasi berhenti, mioma mengecil dan anemia sering membaik. Dokter anda mungkin meresepkan agonis GnRH untuk mengecilkan ukuran mioma sebelum dilakukan operasi. Kebanyakan wanita mengalami hot flashes, rasa kepanasan hebat di seluruh tubuh, saat menggunakan agonis GnRH. Contoh agonis GnRH adalah buserelin, nafarelin, tripoterelin, leuprorelin, dan goserelin.

b. Progestin-releasing intrauterine device (IUD)

IUD yang berisi progestin dapat meredakan perdarahan hebat dan nyeri yang disebabkan oleh mioma. Progestin-releasing IUD hanya meredakan gejala dan tidak dapat mengecilkan ukuran mioma atau menghiangkan mioma tersebut.

c. Androgen

danazol, suatu obat sintetik yang mirip dengan testosteron, efektif menghentikan menstruasi, memperbaiki anemia, dan bahkan menyusutkan mioma dan mengecilkan rahim. Efek samping yang tidak menyenangkan, antara lain peningkatan berat badan, disforia ( merasa sedih, cemas, atau gelisah), jerawat, sakit kepala, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan, dan suara yang lebih dalam, membuat kebanyakan wanita enggan menggunakan obat ini.

d. Obat lain

Kontrasepsi oral atau progestin dapat membantu mengontrol perdarahan pada saat menstruasi, tetapi tidak mengecilkan ukuran mioma. Antiinflamasi Non Steroid (AINS), yang tidak termasuk pengobatan hormonal, efektif untuk meredakan nyeri yang terkait dengan mioma, tetapi AINS tidak mengurangi perdarahan karena mioma.

3. Operasi pengangkatan mioma.

Itulah beberapa terapi dan pengobatan untuk penyakit mioma. Semoga dengan membaca artikel ini dapat mencegah penyakit berbahaya tersebut.

Demikian sedikit informasi mengenai Terapi dan Jenis Pengobatan Penyakit Mioma. Sem oga bermanfaat.

http://obatherbal-murah.com/obat-alami-penyakit-miom-ampuh/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya penyakit diabetes dan pencegahannya

Membicarakan masalah bahaya penyakit diabetes dan pencegahannya, memang akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Mengingat bahwa penyakit diabetes memiliki banyak faktor, yang memicunya untuk bisa muncul di tubuh seseorang. Diabetes merupakan penyakit yang membunuh penderitanya, sehingga termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya. Banyak penderita penyakit diabetes yang terlambat melakukan pengobatan, karena keterlambatan mengetahui munculnya penyakit ini. Ada banyak tanda-tanda awal penyakit diabetes, yang tidak merujuk pada gangguan kesehatan yang parah. Membantu Anda memahami penyakit diabetes dan cara pencegahannya yang tepat, menjauhkan Anda dari penyakit ini. 1 | Mati rasa Pada banyak kasus diabetes yang menimpa sebagian orang, hampir seluruhnya mengalami gejala berupa mati rasa. Adapun bagian tubuh yang sering merasakan mati rasa (kebas) atau kesemutan adalah tangan, kaki, beserta jari-jemarinya. Peringatan awal diabetes ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah, membuat …

Mengenal Definisi dan Gejala Mioma

Mengenal Definisi dan Gejala Mioma. Mioma adalah tumor jinak yang tumbuh yang tumbuh dari rahim dan sering muncul selama tahun-tahun subur anda. Mioma sering disebut dengan fibromioma, leiomioma, atau uterine fibroid. Mioma ini tidak terkait dengan kanker rahim dan hampir tidak pernah berkembang menjadi kanker.

Sebanyak 3 dari 4 wanita memiliki mioma selama hidupnya, tetapi kebanyakan wanita tidak mempedulikan karena mioma sendiri sering tidak menunjukkan gejala. Dokter mungkin menemukan mioma/fibroid secara tidak sengaja pada saat melakukan pemeriksaan daerah panggul atau pemeriksaan ultrasound sebelum melahirkan.

Pada umumnya, mioma jarang memerlukan terapi. Terapi medis dan prosedur operasi dapat mengecilkan ukuran atau membersihkan fibroid/mioma jika anda merasa tidak nyaman atau ada gejala yang mengganggu dari mioma tersebut. Mioma juga dapat memerlukan terapi darurat jika mioma tersebut tiba-tiba menyebabkan nyeri hebat pada leher rahim atau perdarahan menstruasi yang banyak.
Ge…