Langsung ke konten utama

Meningkatkan Penjualan Online

Cara Meningkatkan Penjualan Online, Banyak bisnis online yang gagal berkembang disebabkan karena sedikit atau tidak adanya penjualan, hal ini terjadi pada usaha besar dan kecil. Faktor penjualan memang begitu krusial dalam bisnis, tidak heran banyak pelaku usaha terus meningkatkan kemampuan dalam bidang penjualan online.

Cara terbaik supaya bisnis online semakin maju adalah dengan meningkatkan penjualan online. Cara meningkatkan penjualan online dapat di dorong dengan aktifitas promosi online lewat internet, cara ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering kita promosi bisnis online kita, maka akan semakin banyak orang yang mengenal dan tahu tentang apa yang kita tawarkan dengan begitu maka akan semakin besar peluang terjadinya penjualan. Pada intinya kalau kita mau meningkatkan penjualan secara online, kita harus mendatangkan banyak pengunjung ke halaman web atau toko online kita,inilah tujuan utama kenapa melakukan promosi.

Sebelum membahas cara promosi untuk meningkatkan penjualan online ada baiknya memahami pentingnya menjaga kesetian konsumen, karena kalau kita tidak menjaga kestiaan pelanggan aktifitas promosi yang kita lakukan akan kurang efektif, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan bila memiliki pelanggan setia ;

  1. Mengurangi biaya pemasaran.


Pada intinya biaya yang dibutuhkan untuk mempertahankan pelangganlama lebih murah dari pada biaya untuk mencari  pelanggan baru.

  1. Meningkatkan penjualan.


Pelanggan akan lebih sering melakukan transaksi bila mereka mendapatkan produk dan layanan yang memuaskan.

  1. Menarik minat pelanggan baru.


Pelanggan yang puas bisa menimbulkan keyakinan bagi pelanggan yang baru, efeknya kita bisa meningkatkan penjualan dengan biaya minim atau bahka tanpa biaya.

  1. Memberikan waktu untuk merespon ancaman-ancaman pesaing.


Jika salah satu pesaing bisnis kita mengembangkan produk yang unggul, pelanggan yang loyal akan memberi waktu pada pelaku usaha agar memperbaiki produknya  dengan cara menyesuaikan atau menetralkannya.

Promosi Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan Online

Langkah penting promosi yang efektif adalah mengenali produk, mengenali siapa terget market, media promosi yang tepat dan menulis iklan yang menarik. Ada banyak cara dan media untuk promosi di dunia maya, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Iklan Baris


Iklan baris online dapat menjadi media yang cukup bagus untuk mendatangkan pengunjung ke toko online dan meningkatkan penjualan, terutama iklan baris berbayar. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita perlu memperhatikan elemen penting dalam menulis iklan. Iklan yang kita buat harus:

  • Menarik perhatian pembaca (Attention)

  • Membuat pembaca tertarik dengan produk yang ditawarkan (Interest)

  • Membuat pembaca berhasrat untuk memiliki produk tersebut (Desire)

  • Membuat pembaca melakukan tindakan yang diharapkan (Action)


Kita dapat memasang iklan baris gratis disitus iklan baris gratis yang banyak tersedia di internet, namun untuk hasil yang maksimal lebih baik pasang iklan baris berbayar seperti detik.com,dll.

  1. Iklan Banner


Iklan banner adalah sebuah media promosi berupa iklan dalam bentuk gambar, animasi dan tulisan. Iklan banner dapat menjadi salah satu cara promosi online yang dapat meningkatkan penjualan kalau banner di desian dengan baik dan menarik tanpa menganggu pembaca, selain itu isi iklan banner juga harus ada unsur attention, interest, desire. Dimana tempat yang bagus untuk memasang iklan banner? di detik.com, di blog yang menyediakan space iklan banner. Tips kalau pasang iklan banner diblog orang, plilah blog yang pembcanya sesuai target market kita.

  1. Iklan PPC


PPC merupakan singakatan dari pay per click, kita mengeluarkan biaya untuk setiap clik iklan. Iklan jenis PPC merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjulan online karena dengan iklan jenis ini, kita akan dengan mudah menarik pengjunjung ke toko online kita. Untuk hasil maksimal bisa coba iklan ppc google adwords.

  1. Forum Online


Bergabunglah di forum yang membahas topik yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita jual. Cara terbaik dlam berpomosi di forum adalah dengan menempatkan diri kita sebagai ahli dalam bidang yang kita geluti, seperti membuat posting yang bermanfaat, menjawab pertayaan member lainnya dan jangan lupa pada signature cantumkan alamat situs kita.

  1. Yahoo dan Google Group


Carilah group google atau yahoo yang membahas topik yang masih berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual. Aturan untuk promosi di grup sama seperti pada forum.

  1. Blog


Dengan blog kita bisa mendatangkan penjung ke toko online kita, syaratnya blog kita harus berisi konten yang bermanfaat bagi penjunjung, ya tentu saja blog yang kita buat isinya harus berkaitan dengan produk atau jasa yang sedang kita jual.

  1. Sosial Media


Saat ini tren promosi di sosial media meningkat pesat karena memang masyarakat indonesia senang sekali menggunakan media sosial seperti twitter dan facebook. Dalam promosi lewat media sosial ada baiknya kita tidak secara langsung mennawarkan produk/jasa tapi lebih membangun hubungan dan mendapatkan komunitas yang tepat.

Trik Psikologi Yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online

Sama seperti semua hal di planet ini, tak satu pun trik psikologi berikut yang dijamin 100 % berhasil. Dua orang menggunakan trik yang sama tidak otomatis mendapatkan hasil yang sama. Tapi dengan asumsi Anda punya produk bagus, harga bersaing dan desain website profesional, penggunaan trik-trik psikologi berikut bisa jadi faktor penentu terjadinya penjualan di toko online Anda.

Trik #1 : Kontras


Bayangkan Anda melihat foto berisi 9 pria finalis L-Men of the Year  2014 dengan perut six-pack. Kemudian ditengah-tengah mereka terselip satu pria dengan perut one pack. Nah,  efek kontras baru saja mempengaruhi Anda.  Itu wajar, karena sudah menjadi sifat alami manusia tertarik pada segala sesuatu yang secara visual menonjol dari lingkungan sekitarnya (Psikolog sosial menyebutnya efek Von Restorff). Perilaku yang sama juga terjadi saat orang melihat sebuah halaman web. Perhatian pengunjung secara otomatis tertarik pada elemen web yang kontras. Dan di internet,  jika Anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka Anda berpeluang besar mengubahnya menjadi penjualan.

Trik #2 : Mentalitas kawanan


Telah banyak riset yang membuktikan manusia sebagai mahluk kawanan. Mentalitas kawanan merupakan manifestasi dari insting bertahan hidup manusia sejak leluhur kita pertama kali berjalan tegak. Nenek moyang kita dimasa lalu hidup dan bergerak dalam gerombolan demi melindungi diri dari serangan predator. Terpisah dari kawanan berarti mati. Mentalitas ini tetap bertahan hingga era modern, meski taruhannya bukan lagi dimangsa hewan buas. Untuk melindungi diri dari kerugian, manusia modern selalu berpedoman pada perilaku orang lain di sekitarnya. Semakin banyak Anda melihat merek, model, atau produk tertentu dipakai orang, semakin yakin Anda pada kualitas produk bersangkutan. Orang banyak jarang salah, bukan ?

Bahkan lebih sering daripada tidak Anda membeli sesuatu tanpa sadar, hanya karena melihat orang lain juga membelinya. Seolah ada  perasaan tidak aman jika Anda tidak menjadi bagian dari trend. (ini alasan favorit Nonik untuk membenarkan sifat borosnya) Memanfaatkan perilaku ini, Anda juga bisa memicu minat beli window shopper hanya dengan menunjukkan banyak orang yang telah membeli produk sebelumnya. Selain menumbuhkan rasa aman, kata ‘terlaris’ ‘best sellers’ atau semacam itu, juga memicu sifat dasar manusia untuk menjadi bagian dari trend (istilah lain dari kawanan).

Dan seperti Anda tahu, jauh lebih banyak orang membeli produk karena ingin menjadi bagian dari popularitas ketimbang karena mereka membutuhkannya

Trik #3 : Kebaruan


Apakah Anda sulit memahami logika ribuan orang yang setiap tahun rela antri berhari-hari demi mendapatkan iPhone seri terbaru? Tapi itu sifat alami manusia. Riset membuktikan otak manusia selalu tertarik pada segala hal yang berbau baru. Andapun bisa memanfaatkan perilaku ini untuk melipatgandakan minat beli window shopper. Dan diantara ke-5 trik psikologi pada posting ini, efek kebaruan paling mudah digunakan. Mengapa mudah ? Karena Anda cuma perlu mencantumkan kata ‘baru’ itu sendiri di website Anda.

Jadi jika Anda belum memilikinya, segeralah membuat satu kategori lagi di website Anda kemudian memberinya label ‘BARU’.

Trik # 4 : Paradoks pilihan


Ketika Anda menawarkan banyak pilihan, konsumen mengalami kelumpuhan analisis saat membandingkan kelebihan & kekurangan masing-masing produk. Proses menganalisa informasi melelahkan otak. Dan otak manusia  membenci kerumitan. Hasilnya tentu saja merugikan Anda sebagai penjual, karena orang cenderung tidak memilih apapun saat disodorkan banyak pilihan. Percayalah, window shopper mengalami itu saat berkunjung ke toko online Anda.

Sebaliknya, semakin sedikit pilihan produk yang Anda tampilkan semakin besar kemungkinan window shopper membeli. Dan berdasarkan penelitia, jumlah ideal produk yang Anda tawarkan maksimal 4 –  6 item.

Trik #5 : Kelangkaan


Kelangkaan menjual karena secara psikologis orang takut kehilangan kesempatan memiliki sesuatu. Dengan memperjelas kelangkaan, Anda mengingatkan window shopper resiko kehilangan jika tidak membeli saat itu juga. Dan penggunaan trik ini tidak sesulit kedengarannya Sebagai contoh, Anda bisa mulai dengan satu langkah sederhana berikut Cantumkan jumlah stok yang tersedia dihalaman produk Anda. Harap menjaga kejujuran Anda saat menggunakan trik kelangkaan. Jika Anda mengatakan stok tersisa 2 namun faktanya kemudian Anda menjual produk yang sama lebih dari 3 kali, maka kebohongan ini akan menghancurkan kredibilitas Anda.

 



https://youtu.be/a4jlwPShTY4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keladi Tikus

KELADI TIKUS KELADI TIKUS  Typhonium falgelliforme Melawan Kanker Keladi Tikus ( Typhonium falgelliforme ), suatu tanaman liar sejenis talas yang tingginya sekitar 25 – 30 cm, hidup pada ketinggian 1.00 meter di atas permukaan laut. Daun tunggalnya berbentuk bulat dengan ujung meruncing seperti jantung, muncul dari umbi dan berwarna hijau segar. Mahkota bunganya berbentuk panjang kecil berwarna putih mirip dengan ekor tikus, dari sinilah nama keladi-tikusdiberikan. Di China sering disebut sebagai Shui Banxai,dan orang Malaysia sering menyebutnya sebagai Rodent Tuber. Di Indonesia yang dikenal dengan nama : bira kecil, daun panta susu, kalamaong, ileus, ki babi, trenggiling mentik. Kandungan & Manfaat keladi tikus Bagi para petani di Asia Timur, tanaman Keladi tikus ini sudah tidak asing lagi. Ketika para penduduk desa menderita bisul atau problem kulit lainnya akibat racun, maka ampas tanaman yang ditumbuk langsung diaplikasikan ke bidang tubuh yang luka. Hasilnya: nanah keluar

Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Kesuksesan

PERAN KECERDASAN SPIRITUAL MENUJU KESUKSESAN Di atas kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi, mutlak diperlukan kecerdasan spiritual, yakni kemampuan orang untuk membedakan kebaikan dan keburukan dan kesanggupan untuk memilih atau berpihak pada kebaikan serta dapat merasakan nikmat berbuat baik. Orang yang kecerdasan spiritual tinggi akan merasakan kenikmatan spiritual tiada tara tatkala ia sanggup bebuat jujur, lurus, adil, meskipun akibatnya secara material atau secara duniawi mungkin ia harus menanggung kerugian. Dengan senantiasa menghidupkan hati nurani, menghidupkan Tuhan dalam kesadaran jiwa dan menjadikan Tuhan sebagai pusat orientasi semua tindakan orang akan terbebas kepalsuan hidup. Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi membawa orang pada kesuksesan. Kecerdasan spiritual membawa orang pada kebaikan yang kita inginkan adalah menjadi orang sukses yang baik. Tetapi ada ungkapan “It’s nice to be important but it’s more important to be nice” baik juga kalau bisa menjadi

Bahaya penyakit diabetes dan pencegahannya

Membicarakan masalah bahaya  penyakit diabetes dan pencegahannya , memang akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Mengingat bahwa penyakit diabetes memiliki banyak faktor, yang memicunya untuk bisa muncul di tubuh seseorang. Diabetes merupakan penyakit yang membunuh penderitanya, sehingga termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya. Banyak penderita penyakit diabetes yang terlambat melakukan pengobatan, karena keterlambatan mengetahui munculnya penyakit ini. Ada banyak tanda-tanda awal penyakit diabetes, yang tidak merujuk pada gangguan kesehatan yang parah. Membantu Anda memahami penyakit diabetes dan cara pencegahannya yang tepat, menjauhkan Anda dari penyakit ini. 1 | Mati rasa Pada banyak kasus diabetes yang menimpa sebagian orang, hampir seluruhnya mengalami gejala berupa mati rasa. Adapun bagian tubuh yang sering merasakan mati rasa (kebas) atau kesemutan adalah tangan, kaki, beserta jari-jemarinya. Peringatan awal diabetes ini terjadi karena peningkatan kadar gula d