Cara Meningkatkan Penjualan Online, Banyak bisnis online yang gagal berkembang disebabkan karena sedikit atau tidak adanya penjualan, hal ini terjadi pada usaha besar dan kecil. Faktor penjualan memang begitu krusial dalam bisnis, tidak heran banyak pelaku usaha terus meningkatkan kemampuan dalam bidang penjualan online.
Cara terbaik supaya bisnis online semakin maju adalah dengan meningkatkan penjualan online. Cara meningkatkan penjualan online dapat di dorong dengan aktifitas promosi online lewat internet, cara ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering kita promosi bisnis online kita, maka akan semakin banyak orang yang mengenal dan tahu tentang apa yang kita tawarkan dengan begitu maka akan semakin besar peluang terjadinya penjualan. Pada intinya kalau kita mau meningkatkan penjualan secara online, kita harus mendatangkan banyak pengunjung ke halaman web atau toko online kita,inilah tujuan utama kenapa melakukan promosi.
Sebelum membahas cara promosi untuk meningkatkan penjualan online ada baiknya memahami pentingnya menjaga kesetian konsumen, karena kalau kita tidak menjaga kestiaan pelanggan aktifitas promosi yang kita lakukan akan kurang efektif, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan bila memiliki pelanggan setia ;
Pada intinya biaya yang dibutuhkan untuk mempertahankan pelangganlama lebih murah dari pada biaya untuk mencari pelanggan baru.
Pelanggan akan lebih sering melakukan transaksi bila mereka mendapatkan produk dan layanan yang memuaskan.
Pelanggan yang puas bisa menimbulkan keyakinan bagi pelanggan yang baru, efeknya kita bisa meningkatkan penjualan dengan biaya minim atau bahka tanpa biaya.
Jika salah satu pesaing bisnis kita mengembangkan produk yang unggul, pelanggan yang loyal akan memberi waktu pada pelaku usaha agar memperbaiki produknya dengan cara menyesuaikan atau menetralkannya.
Promosi Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan Online
Langkah penting promosi yang efektif adalah mengenali produk, mengenali siapa terget market, media promosi yang tepat dan menulis iklan yang menarik. Ada banyak cara dan media untuk promosi di dunia maya, berikut ini beberapa diantaranya:
Iklan baris online dapat menjadi media yang cukup bagus untuk mendatangkan pengunjung ke toko online dan meningkatkan penjualan, terutama iklan baris berbayar. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita perlu memperhatikan elemen penting dalam menulis iklan. Iklan yang kita buat harus:
Kita dapat memasang iklan baris gratis disitus iklan baris gratis yang banyak tersedia di internet, namun untuk hasil yang maksimal lebih baik pasang iklan baris berbayar seperti detik.com,dll.
Iklan banner adalah sebuah media promosi berupa iklan dalam bentuk gambar, animasi dan tulisan. Iklan banner dapat menjadi salah satu cara promosi online yang dapat meningkatkan penjualan kalau banner di desian dengan baik dan menarik tanpa menganggu pembaca, selain itu isi iklan banner juga harus ada unsur attention, interest, desire. Dimana tempat yang bagus untuk memasang iklan banner? di detik.com, di blog yang menyediakan space iklan banner. Tips kalau pasang iklan banner diblog orang, plilah blog yang pembcanya sesuai target market kita.
PPC merupakan singakatan dari pay per click, kita mengeluarkan biaya untuk setiap clik iklan. Iklan jenis PPC merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjulan online karena dengan iklan jenis ini, kita akan dengan mudah menarik pengjunjung ke toko online kita. Untuk hasil maksimal bisa coba iklan ppc google adwords.
Bergabunglah di forum yang membahas topik yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita jual. Cara terbaik dlam berpomosi di forum adalah dengan menempatkan diri kita sebagai ahli dalam bidang yang kita geluti, seperti membuat posting yang bermanfaat, menjawab pertayaan member lainnya dan jangan lupa pada signature cantumkan alamat situs kita.
Carilah group google atau yahoo yang membahas topik yang masih berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual. Aturan untuk promosi di grup sama seperti pada forum.
Dengan blog kita bisa mendatangkan penjung ke toko online kita, syaratnya blog kita harus berisi konten yang bermanfaat bagi penjunjung, ya tentu saja blog yang kita buat isinya harus berkaitan dengan produk atau jasa yang sedang kita jual.
Saat ini tren promosi di sosial media meningkat pesat karena memang masyarakat indonesia senang sekali menggunakan media sosial seperti twitter dan facebook. Dalam promosi lewat media sosial ada baiknya kita tidak secara langsung mennawarkan produk/jasa tapi lebih membangun hubungan dan mendapatkan komunitas yang tepat.
Trik Psikologi Yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online
Sama seperti semua hal di planet ini, tak satu pun trik psikologi berikut yang dijamin 100 % berhasil. Dua orang menggunakan trik yang sama tidak otomatis mendapatkan hasil yang sama. Tapi dengan asumsi Anda punya produk bagus, harga bersaing dan desain website profesional, penggunaan trik-trik psikologi berikut bisa jadi faktor penentu terjadinya penjualan di toko online Anda.
Bayangkan Anda melihat foto berisi 9 pria finalis L-Men of the Year 2014 dengan perut six-pack. Kemudian ditengah-tengah mereka terselip satu pria dengan perut one pack. Nah, efek kontras baru saja mempengaruhi Anda. Itu wajar, karena sudah menjadi sifat alami manusia tertarik pada segala sesuatu yang secara visual menonjol dari lingkungan sekitarnya (Psikolog sosial menyebutnya efek Von Restorff). Perilaku yang sama juga terjadi saat orang melihat sebuah halaman web. Perhatian pengunjung secara otomatis tertarik pada elemen web yang kontras. Dan di internet, jika Anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka Anda berpeluang besar mengubahnya menjadi penjualan.
Telah banyak riset yang membuktikan manusia sebagai mahluk kawanan. Mentalitas kawanan merupakan manifestasi dari insting bertahan hidup manusia sejak leluhur kita pertama kali berjalan tegak. Nenek moyang kita dimasa lalu hidup dan bergerak dalam gerombolan demi melindungi diri dari serangan predator. Terpisah dari kawanan berarti mati. Mentalitas ini tetap bertahan hingga era modern, meski taruhannya bukan lagi dimangsa hewan buas. Untuk melindungi diri dari kerugian, manusia modern selalu berpedoman pada perilaku orang lain di sekitarnya. Semakin banyak Anda melihat merek, model, atau produk tertentu dipakai orang, semakin yakin Anda pada kualitas produk bersangkutan. Orang banyak jarang salah, bukan ?
Bahkan lebih sering daripada tidak Anda membeli sesuatu tanpa sadar, hanya karena melihat orang lain juga membelinya. Seolah ada perasaan tidak aman jika Anda tidak menjadi bagian dari trend. (ini alasan favorit Nonik untuk membenarkan sifat borosnya) Memanfaatkan perilaku ini, Anda juga bisa memicu minat beli window shopper hanya dengan menunjukkan banyak orang yang telah membeli produk sebelumnya. Selain menumbuhkan rasa aman, kata ‘terlaris’ ‘best sellers’ atau semacam itu, juga memicu sifat dasar manusia untuk menjadi bagian dari trend (istilah lain dari kawanan).
Dan seperti Anda tahu, jauh lebih banyak orang membeli produk karena ingin menjadi bagian dari popularitas ketimbang karena mereka membutuhkannya
Apakah Anda sulit memahami logika ribuan orang yang setiap tahun rela antri berhari-hari demi mendapatkan iPhone seri terbaru? Tapi itu sifat alami manusia. Riset membuktikan otak manusia selalu tertarik pada segala hal yang berbau baru. Andapun bisa memanfaatkan perilaku ini untuk melipatgandakan minat beli window shopper. Dan diantara ke-5 trik psikologi pada posting ini, efek kebaruan paling mudah digunakan. Mengapa mudah ? Karena Anda cuma perlu mencantumkan kata ‘baru’ itu sendiri di website Anda.
Jadi jika Anda belum memilikinya, segeralah membuat satu kategori lagi di website Anda kemudian memberinya label ‘BARU’.
Ketika Anda menawarkan banyak pilihan, konsumen mengalami kelumpuhan analisis saat membandingkan kelebihan & kekurangan masing-masing produk. Proses menganalisa informasi melelahkan otak. Dan otak manusia membenci kerumitan. Hasilnya tentu saja merugikan Anda sebagai penjual, karena orang cenderung tidak memilih apapun saat disodorkan banyak pilihan. Percayalah, window shopper mengalami itu saat berkunjung ke toko online Anda.
Sebaliknya, semakin sedikit pilihan produk yang Anda tampilkan semakin besar kemungkinan window shopper membeli. Dan berdasarkan penelitia, jumlah ideal produk yang Anda tawarkan maksimal 4 – 6 item.
Kelangkaan menjual karena secara psikologis orang takut kehilangan kesempatan memiliki sesuatu. Dengan memperjelas kelangkaan, Anda mengingatkan window shopper resiko kehilangan jika tidak membeli saat itu juga. Dan penggunaan trik ini tidak sesulit kedengarannya Sebagai contoh, Anda bisa mulai dengan satu langkah sederhana berikut Cantumkan jumlah stok yang tersedia dihalaman produk Anda. Harap menjaga kejujuran Anda saat menggunakan trik kelangkaan. Jika Anda mengatakan stok tersisa 2 namun faktanya kemudian Anda menjual produk yang sama lebih dari 3 kali, maka kebohongan ini akan menghancurkan kredibilitas Anda.
https://youtu.be/a4jlwPShTY4
Cara terbaik supaya bisnis online semakin maju adalah dengan meningkatkan penjualan online. Cara meningkatkan penjualan online dapat di dorong dengan aktifitas promosi online lewat internet, cara ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering kita promosi bisnis online kita, maka akan semakin banyak orang yang mengenal dan tahu tentang apa yang kita tawarkan dengan begitu maka akan semakin besar peluang terjadinya penjualan. Pada intinya kalau kita mau meningkatkan penjualan secara online, kita harus mendatangkan banyak pengunjung ke halaman web atau toko online kita,inilah tujuan utama kenapa melakukan promosi.
Sebelum membahas cara promosi untuk meningkatkan penjualan online ada baiknya memahami pentingnya menjaga kesetian konsumen, karena kalau kita tidak menjaga kestiaan pelanggan aktifitas promosi yang kita lakukan akan kurang efektif, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan bila memiliki pelanggan setia ;
- Mengurangi biaya pemasaran.
Pada intinya biaya yang dibutuhkan untuk mempertahankan pelangganlama lebih murah dari pada biaya untuk mencari pelanggan baru.
- Meningkatkan penjualan.
Pelanggan akan lebih sering melakukan transaksi bila mereka mendapatkan produk dan layanan yang memuaskan.
- Menarik minat pelanggan baru.
Pelanggan yang puas bisa menimbulkan keyakinan bagi pelanggan yang baru, efeknya kita bisa meningkatkan penjualan dengan biaya minim atau bahka tanpa biaya.
- Memberikan waktu untuk merespon ancaman-ancaman pesaing.
Jika salah satu pesaing bisnis kita mengembangkan produk yang unggul, pelanggan yang loyal akan memberi waktu pada pelaku usaha agar memperbaiki produknya dengan cara menyesuaikan atau menetralkannya.
Promosi Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan Online
Langkah penting promosi yang efektif adalah mengenali produk, mengenali siapa terget market, media promosi yang tepat dan menulis iklan yang menarik. Ada banyak cara dan media untuk promosi di dunia maya, berikut ini beberapa diantaranya:
- Iklan Baris
Iklan baris online dapat menjadi media yang cukup bagus untuk mendatangkan pengunjung ke toko online dan meningkatkan penjualan, terutama iklan baris berbayar. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita perlu memperhatikan elemen penting dalam menulis iklan. Iklan yang kita buat harus:
- Menarik perhatian pembaca (Attention)
- Membuat pembaca tertarik dengan produk yang ditawarkan (Interest)
- Membuat pembaca berhasrat untuk memiliki produk tersebut (Desire)
- Membuat pembaca melakukan tindakan yang diharapkan (Action)
Kita dapat memasang iklan baris gratis disitus iklan baris gratis yang banyak tersedia di internet, namun untuk hasil yang maksimal lebih baik pasang iklan baris berbayar seperti detik.com,dll.
- Iklan Banner
Iklan banner adalah sebuah media promosi berupa iklan dalam bentuk gambar, animasi dan tulisan. Iklan banner dapat menjadi salah satu cara promosi online yang dapat meningkatkan penjualan kalau banner di desian dengan baik dan menarik tanpa menganggu pembaca, selain itu isi iklan banner juga harus ada unsur attention, interest, desire. Dimana tempat yang bagus untuk memasang iklan banner? di detik.com, di blog yang menyediakan space iklan banner. Tips kalau pasang iklan banner diblog orang, plilah blog yang pembcanya sesuai target market kita.
- Iklan PPC
PPC merupakan singakatan dari pay per click, kita mengeluarkan biaya untuk setiap clik iklan. Iklan jenis PPC merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjulan online karena dengan iklan jenis ini, kita akan dengan mudah menarik pengjunjung ke toko online kita. Untuk hasil maksimal bisa coba iklan ppc google adwords.
- Forum Online
Bergabunglah di forum yang membahas topik yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita jual. Cara terbaik dlam berpomosi di forum adalah dengan menempatkan diri kita sebagai ahli dalam bidang yang kita geluti, seperti membuat posting yang bermanfaat, menjawab pertayaan member lainnya dan jangan lupa pada signature cantumkan alamat situs kita.
- Yahoo dan Google Group
Carilah group google atau yahoo yang membahas topik yang masih berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual. Aturan untuk promosi di grup sama seperti pada forum.
- Blog
Dengan blog kita bisa mendatangkan penjung ke toko online kita, syaratnya blog kita harus berisi konten yang bermanfaat bagi penjunjung, ya tentu saja blog yang kita buat isinya harus berkaitan dengan produk atau jasa yang sedang kita jual.
- Sosial Media
Saat ini tren promosi di sosial media meningkat pesat karena memang masyarakat indonesia senang sekali menggunakan media sosial seperti twitter dan facebook. Dalam promosi lewat media sosial ada baiknya kita tidak secara langsung mennawarkan produk/jasa tapi lebih membangun hubungan dan mendapatkan komunitas yang tepat.
Trik Psikologi Yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online
Sama seperti semua hal di planet ini, tak satu pun trik psikologi berikut yang dijamin 100 % berhasil. Dua orang menggunakan trik yang sama tidak otomatis mendapatkan hasil yang sama. Tapi dengan asumsi Anda punya produk bagus, harga bersaing dan desain website profesional, penggunaan trik-trik psikologi berikut bisa jadi faktor penentu terjadinya penjualan di toko online Anda.
Trik #1 : Kontras
Bayangkan Anda melihat foto berisi 9 pria finalis L-Men of the Year 2014 dengan perut six-pack. Kemudian ditengah-tengah mereka terselip satu pria dengan perut one pack. Nah, efek kontras baru saja mempengaruhi Anda. Itu wajar, karena sudah menjadi sifat alami manusia tertarik pada segala sesuatu yang secara visual menonjol dari lingkungan sekitarnya (Psikolog sosial menyebutnya efek Von Restorff). Perilaku yang sama juga terjadi saat orang melihat sebuah halaman web. Perhatian pengunjung secara otomatis tertarik pada elemen web yang kontras. Dan di internet, jika Anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka Anda berpeluang besar mengubahnya menjadi penjualan.
Trik #2 : Mentalitas kawanan
Telah banyak riset yang membuktikan manusia sebagai mahluk kawanan. Mentalitas kawanan merupakan manifestasi dari insting bertahan hidup manusia sejak leluhur kita pertama kali berjalan tegak. Nenek moyang kita dimasa lalu hidup dan bergerak dalam gerombolan demi melindungi diri dari serangan predator. Terpisah dari kawanan berarti mati. Mentalitas ini tetap bertahan hingga era modern, meski taruhannya bukan lagi dimangsa hewan buas. Untuk melindungi diri dari kerugian, manusia modern selalu berpedoman pada perilaku orang lain di sekitarnya. Semakin banyak Anda melihat merek, model, atau produk tertentu dipakai orang, semakin yakin Anda pada kualitas produk bersangkutan. Orang banyak jarang salah, bukan ?
Bahkan lebih sering daripada tidak Anda membeli sesuatu tanpa sadar, hanya karena melihat orang lain juga membelinya. Seolah ada perasaan tidak aman jika Anda tidak menjadi bagian dari trend. (ini alasan favorit Nonik untuk membenarkan sifat borosnya) Memanfaatkan perilaku ini, Anda juga bisa memicu minat beli window shopper hanya dengan menunjukkan banyak orang yang telah membeli produk sebelumnya. Selain menumbuhkan rasa aman, kata ‘terlaris’ ‘best sellers’ atau semacam itu, juga memicu sifat dasar manusia untuk menjadi bagian dari trend (istilah lain dari kawanan).
Dan seperti Anda tahu, jauh lebih banyak orang membeli produk karena ingin menjadi bagian dari popularitas ketimbang karena mereka membutuhkannya
Trik #3 : Kebaruan
Apakah Anda sulit memahami logika ribuan orang yang setiap tahun rela antri berhari-hari demi mendapatkan iPhone seri terbaru? Tapi itu sifat alami manusia. Riset membuktikan otak manusia selalu tertarik pada segala hal yang berbau baru. Andapun bisa memanfaatkan perilaku ini untuk melipatgandakan minat beli window shopper. Dan diantara ke-5 trik psikologi pada posting ini, efek kebaruan paling mudah digunakan. Mengapa mudah ? Karena Anda cuma perlu mencantumkan kata ‘baru’ itu sendiri di website Anda.
Jadi jika Anda belum memilikinya, segeralah membuat satu kategori lagi di website Anda kemudian memberinya label ‘BARU’.
Trik # 4 : Paradoks pilihan
Ketika Anda menawarkan banyak pilihan, konsumen mengalami kelumpuhan analisis saat membandingkan kelebihan & kekurangan masing-masing produk. Proses menganalisa informasi melelahkan otak. Dan otak manusia membenci kerumitan. Hasilnya tentu saja merugikan Anda sebagai penjual, karena orang cenderung tidak memilih apapun saat disodorkan banyak pilihan. Percayalah, window shopper mengalami itu saat berkunjung ke toko online Anda.
Sebaliknya, semakin sedikit pilihan produk yang Anda tampilkan semakin besar kemungkinan window shopper membeli. Dan berdasarkan penelitia, jumlah ideal produk yang Anda tawarkan maksimal 4 – 6 item.
Trik #5 : Kelangkaan
Kelangkaan menjual karena secara psikologis orang takut kehilangan kesempatan memiliki sesuatu. Dengan memperjelas kelangkaan, Anda mengingatkan window shopper resiko kehilangan jika tidak membeli saat itu juga. Dan penggunaan trik ini tidak sesulit kedengarannya Sebagai contoh, Anda bisa mulai dengan satu langkah sederhana berikut Cantumkan jumlah stok yang tersedia dihalaman produk Anda. Harap menjaga kejujuran Anda saat menggunakan trik kelangkaan. Jika Anda mengatakan stok tersisa 2 namun faktanya kemudian Anda menjual produk yang sama lebih dari 3 kali, maka kebohongan ini akan menghancurkan kredibilitas Anda.
https://youtu.be/a4jlwPShTY4
Komentar
Posting Komentar