Langsung ke konten utama

Membuat Daftar Nama

CARA MEMBUAT DAFTAR NAMA


Daftar nama adalah sebuah sarana yang dibutuhkan untuk sukses melakukan bisnis mlm.  Untuk memperkuat posisi Anda, dibutuhkan 100-200 daftar nama yang nantinya akan anda hubungi. Dan daftar nama ini akan terus bertambah jika Anda menemui teman baru. Pembuatan daftar nama ini akan membantu Anda dalam 3 hal, yakni:

  1. Pertama, Anda akan lebih sering melakukan pensponsoran pada orang-orang yang nantinya mungkin berpotensi sebagai leader besar. Dari 100 orang yang berpotensi sukses, mungkin ada beberapa orang yang memiliki antusias tinggi untuk bergabung dan latih. Mereka yang memiliki antusias inilah yang nantinya bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

  2. Kedua, jika Anda memiliki banyak orang yang dihubungi, maka Anda berada pada posisi yang kuat untuk berbicara dengan mereka. Saat Anda menemukan orang yang memiliki potensi bisnis bagi Anda, pastikan bahwa mereka lebih membutuhkan Anda ketimbang Anda yang membutuhkan mereka.

  3. Keuntungan lain yang ketiga adalah duplikasi. Orang yang Anda rekrut nantinya pun akan melakukan hal yang sama dengan apa yang Anda lakukan. Dan dengan melakukan hal ini pun, Anda telah secara bertahap memperbesar jaringan Anda.


InUsePerlu diingat bahwa komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah. Dimana ketika Anda menelepon orang yang berada pada daftar nama yang telah Anda buat, maka Anda juga harus mau mendengarkan apa yang orang tersebut katakan. Menjadi pendengar yang baik lebih sulit dibanding dengan menjadi pembicara yang baik. Namun sisi positifnya adalah Anda akan memiliki nilai tambah yang baik dihadapan orang tersebut.

Banyak orang yang menyepelekan pembuatan daftar nama. Namun daftar nama sebenarnya merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh para leader MLM untuk meraih kesuksesan.

Taktik Membuat Daftar Nama



  1. Buatlah daftar nama seluas mungkin.
    Masukkan setiap orang yang Anda pikirkan. SETIAP orang. Tak usah pedulikan apakah Anda menganggap mereka sebagai prospek atau tidak. Pusat data Anda akan menjadi salah satu aset terpenting Anda. Masukan semua orang dalam daftar. Jika mereka bilang, “Saya takkan bergabung dalam Bisnis Jaringan,” tetap masukkan dalam daftar. Jika mereka berusia 98 tahun, masukkan mereka dalam daftar. Jika mereka berusia 18 tahun, masukkan juga dalam daftar tanpa terkecuali.
    Anda tak perlu memprospek semua orang yang tertera dalam daftar untuk bergabung. Itu terserah Anda. Namun langkah ini sangatlah penting untuk dilakukan agar Anda dapat benar-benar merekam jaringan Anda secara tertulis.

  2. Lihatlah daftar nama Anda dan bayangkan setiap orang yang dikenal nama-nama tersebut. Tambahkan kenalan mereka dalam daftar. Pikirkan anggota keluarga Anda. Siapa yang mereka kenal? Tambahkan nama mereka dalam daftar ini. Bayangkan teman Anda. Siapa saja kenalan mereka? Tambahkan nama mereka dalam daftar. Jangan cemaskan apa yang akan Anda lakukan dengan daftar ini. Kita akan bahas itu nanti. Teruslah mengembangkan daftar itu.

  3. Terus kembangkan daftar nama Anda.
    Inilah alasan para profesional menyebut daftar ini sebagai “Daftar Aktif Calon Prospek”. Daftar ini tak pernah berhenti tumbuh. Para profesional mempunyai target untuk menambahkan setidaknya 2 orang ke dalam daftar nama mereka setiap harinya. Mereka mungkin takkan mengajak semua nama untuk bergabung, tapi mereka mencari cara kreatif untuk terus terhubung dengan mereka.
    Dalam buku Go Pro, Eric Worre juga menegaskan bahwa ia TIDAK meminta kita untuk membombardir orang-orang ini langsung dengan promosi saat perkenalan. Beberapa orang dalam MLM melakukan kesalahan itu, dan hasilnya tidak baik. Tambahkan saja mereka ke dalam daftar nama, jadikan mereka teman, kembangkan hubungan tersebut. Saat momennya tepat, Anda dapat membantu mereka memahami tawaran Anda.

  4. Buatlah jaringan Anda dengan sengaja.
    Hampir mustahil Anda bisa bertemu orang baru jika Anda hanya berdiam diri. Keluarlah. Bersenang-senang. Bergabunglah dengan klub kebugaran baru. Nikmatilah hobi baru. Jadilah relawan pada proyek yang menurut Anda penting. Selain baik untuk bisnis Anda, ini juga dapat menambah teman berharga untuk Anda.


 

Ada beberapa prinsip yang harus digunakan untuk membuat daftar nama:


  1. Jangan pilih-pilih


    Dalam membuat daftar nama jangan berpikir “sepertinya dia tidak bisa/tidak mau menjalani bisnis ini”. Jangan jadi dukun / peramal! Yang berhak menentukan dia mau atau tidak mau menjalankan bisnis ini adalah dia sendiri, bukan kita!
    Berpikirlah “apabila Anda sukses, kira-kira, siapakah yang pengin Anda ajak?” artinya semua orang yang Anda kenal wajib Anda tulis. Semua orang berhak untuk sukses!!


  2. Tertulis


    Dalam membuat daftar nama, Anda wajib untuk MENULISNYA.
    Perusahaan yang besar memiliki daftar nama karyawan & kliennya. Sebaliknya kalau perusahaan kecil tidak. Terserah Anda mau memiliki bisnis yang besar atau kecil.


  3. Duplikasikan


    Banyak member yang berhenti karena tidak lagi ada presentasi di jaringannya. Hal ini rata-rata bukan dikarenakan member malas presentasi tapi member kehabisan orang untuk dipresentasi. Bayangkan Anda menulis 40 prospek dalam daftar nama Anda, dan 40 prospek Anda tersebut menulis 40 nama lagi, dan seterusnya.
    Generasi I : 40 nama
    Generasi II: 1600 nama
    Generasi III: 64000 nama
    Dst.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Impian

CARA MEMBUAT IMPIAN Setiap orang pasti memiliki impian dan cita-cita, kali ini saya akan mencoba berbagi tentang 7 teknik membangun impian hidup. Siapapun orangnya memiliki hak yang sama untuk meraih apapun yang diinginkan. Kita diberi kebebasan untuk mendapatkan yang kita inginkan, meskipun terlihat mustahil bagi orang lain. Impian adalah pembimbing kita dalam menjalani hidup, sebab jika kita menjalani hidup tanpa impian lebih baik cobalah untuk berhenti hidup. Tetapi ada sebagian orang yang mengeluh karena mereka capek untuk bermimpi sebab semua mimpinya tanpa wujud. Mari kita perhatikan teknik dibawah ini untuk membangun apapun impian anda: Buat Impian Positif, pikiran bawah sadar lebih menyukai hal positif. contohnya adalah : Saya ingin menjadi orang yang sabar tahun ini,  bukannya. .saya ingin menjadi orang yang tidak pemarah lagi. Buat Sejelas Mungkin , jika anda mengajukan sebuah proposal kepada penyandang dana tentu memperjelas jumlah dan kebutuhannya kan? Sama dengan pik...

Mengenal Definisi dan Gejala Mioma

Mengenal Definisi dan Gejala Mioma . Mioma adalah tumor jinak yang tumbuh yang tumbuh dari rahim dan sering muncul selama tahun-tahun subur anda. Mioma sering disebut dengan fibromioma, leiomioma, atau uterine fibroid. Mioma ini tidak terkait dengan kanker rahim dan hampir tidak pernah berkembang menjadi kanker. Sebanyak 3 dari 4 wanita memiliki mioma selama hidupnya, tetapi kebanyakan wanita tidak mempedulikan karena mioma sendiri sering tidak menunjukkan gejala. Dokter mungkin menemukan mioma/fibroid secara tidak sengaja pada saat melakukan pemeriksaan daerah panggul atau pemeriksaan ultrasound sebelum melahirkan. Pada umumnya, mioma jarang memerlukan terapi. Terapi medis dan prosedur operasi dapat mengecilkan ukuran atau membersihkan fibroid/mioma jika anda merasa tidak nyaman atau ada gejala yang mengganggu dari mioma tersebut. Mioma juga dapat memerlukan terapi darurat jika mioma tersebut tiba-tiba menyebabkan nyeri hebat pada leher rahim atau perdarahan menstruasi yang ba...

Public Speaking

TIPS MENJADI PRESENTER HANDAL Untuk menjadi presenter yang handal dan bertahan lama, diperlukan bukan hanya keterampilan berkomunikasi. Lebih dari itu, diperlukan karakter dan kemampuan “marketing” dalam menjual keahliannya tersebut. Di bawah ini, ada beberapa tips penting untuk menjadi presenter yang handal. Know Your Self Mengetahui dengan pasti kelebihan-kelebihan dirinya, yang dapat di pakai sebagai modal untuk ditonjolkan dan dipublikasikan. Jadi harus punya rasa percaya diri. Image Personality Penentuan brand image hendaknya dilakukan pertama kali saat akan memulai karier ini. Sebagai contoh, mau memilih image ‘serius’ atau ‘humoris.’ Selanjutnya harus konsisten dengan image tersebut, guna memilih acara-acara yang sesuai dengan image yang ingin ditonjolkan. Sebaiknya tetap konsisten pada pilihan awal, karena sekali kita terlibat dalam suatu pekerjaan akan menentukan image selanjutnya Great Character Menjaga sikap-sikap tertentu agar mendapat kepercayaan rekan bisnis, sep...