Langsung ke konten utama

Ginseng

Asal Usul Ginseng


 

Ginseng adalah tanaman yang tumbuh sepanjang tahun. Masuk dalam genus Panax, yang berasal dari bahasa Yunani Panakos atau Panacea dalam bahasa Inggris, yang berarti obat segala penyakit. Ginseng hampir selalu melingkupi cerita-cerita rakyat dan keajaiban. Seperti hutan gunung dimana dia tumbuh secara alamiah.

Ginseng  telah digunakan berabad-abad lalu sejak zaman purbakala. Gingseng di Asia maupun Amerika, semuanya dimanfaatkan sebagai pengobatan. Mereka memiliki kesamaan cara tumbuh dan penampilan, yang membedakan hanya varietas Asia lebih besar.

Ginseng Amerika


Ginseng Amerika (Panax Quinquefolius) ditemukan di seluruh hutan gunung di Amerika Tengah dan Timur Laut. Spesimen pertama ginseng Amerika dikirimkan ke Eropa pada 1704.

Tidak mengejutkan bahwa bangsa Indian Amerika Utara juga mengenal dan menggunakan akar ginseng sebagai pengobatan. Mereka menyebutnya Garantoquen, yang diterjemahkan sebagai “seperti seorang pria”, yang mengacu pada struktur akarnya yang bercabang dua, yang sangat mirip dengan bentuk seorang pria (meskipun butuh bantuan sedikit imajinasi). Menariknya, nama Mandarin untuk ginseng, Ren Shen, memiliki arti yang hampir sama. Sebenarnya aksara China untuk kata shen juga mirip dengan bentuk akar.

Bangsa Indian Amerika memiliki metode khusus dalam memanen akar ginseng, akarnya baru bisa diambil setelah buah merah dari tanaman ini telah matang. Mereka kemudian membengkokkan batangnya ke tanah sebelum melanjutkannya dengan menggali akar tanaman. Metode ini dilaporkan menambah jumlah pertunasan dan mempersiapkan hasil panen yang lebih besar di masa mendatang.

Perempuan bangsa Indian Sioux memiliki cara khusus untuk membersihkan dan memproses ginseng dan dikatakan sebagai cara mengumpulkan akar terbaik dari semua suku bangsa.

Ginseng Asia


Ginseng Asia (Panax Ginseng) ditemukan terutama di belahan bumi bagian utara dan di daratan China, Tibet, Mongolia, dan Korea. Spesies di Korea dan Mancuria secara tradisional dianggap sebagai tanaman yang sangat berharga. Orang China yang kaya akan membayar sampai 2 milyar rupiah untuk mendapatkan khasiat peningkatan vitalitas dari akar ginseng bermutu tinggi. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Sementara di Jepang dikenal sebagai Panax japonica.

Akar yang sangat berharga ini tumbuh liar di daerah pegunungan Korea, Changbai dan Gunung Xiaoxinganling di Timur Laut China. Mereka tumbuh di lereng-lereng pegunungan dengan ketinggian 500 - 1.000 meter dari permukaan laut.

Ginseng liar yang tumbuh di hutan-hutan kuno dengan kandungan tanah liat tinggi dan udara lembab memiliki potensi yang lebih besar daripada ginseng yang secara komersial tumbuh di luar habitatnya. Ini menandakan bahwa sifat alami tanaman berhubungan erat dengan habitat aslinya.

Menurut filosofi Tao, ginseng digambarkan memiliki sifat alami sedikit dingin karena dia tumbuh di gunung yang dingin dan berkabut. Karena hal ini dia dikatakan lebih memiliki sifat Yin (energi negatif). Ginseng juga dianggap memiliki sedikit sifat Yang (energi positif) karena tumbuh di lereng-lereng pegunungan, yang dianggap sebagai Yang. Kekuatan menyembuhkan

Dari kelima elemen yang dikenal oleh pengobatan China, ginseng dianggap sebagai bagian dari elemen Bumi karena habitat tumbuhnya di gunung-gunung. Secara alamiah dia terasa sedikit manis.

Setiap elemen dari lima elemen China kuno memiliki organ tubuh yang berkorelasi terhadap mereka. Limpa dan perut milik elemen Bumi; oleh karena itu, rasa manis dari ginseng dapat membangun Yang dari Limpa dan perut, mengirimkan energi ke seluruh tubuh. Menurut tanaman kesehatan China, rasa manis dapat melembabkan, menyehatkan, dan meningkatkan energi vital.

Ginseng merupakan tanaman yang paling berharga dari semua tanaman yang digunakan tabib China sejak masa lampau, setidaknya 5.000 tahun lalu. Ada banyak manfaat kesehatan yang didapatkan darinya, banyak ilmuwan Barat terkemuka yang mempertimbangkan bagaimana satu tanaman memiliki jangkauan terapetik yang begitu luas. Jawabannya relatif sederhana jika kita dapat memahami apa yang diketahui dengan sangat baik oleh tabib China, yakni dampak utama ginseng dalam tubuh adalah untuk menormalkan fungsi kelenjar pituari. Kelenjar pituari dan tiroid mengatur produksi hormon-hormon lain dalam tubuh.
Hormon seks dan adrenalin juga diatur oleh pituari. Hal inilah mengapa ginseng memiliki reputasi dapat memelihara organ kesehatan seksual.

China memiliki metode tradisional dan sederhana dalam menggunakan ginseng. Sepotong akar kering disimpan di dalam saku seseorang sepanjang masa hidupnya. Ketika memerlukan pasokan energi, entah karena sakit, kelelahan, atau ketika semangat hidup berkurang, akar dikeluarkan dan sebagian kecil dikunyah atau dimasak bersama satu teko teh sampai vitalitas kembali. Lantas sisa akar ginseng dibiarkan disimpan kembali dalam saku hingga saat diperlukan. Di sinilah letak manfaat terbesar ginseng—sebagai pembangkit energi jangka pendek.

Orang Barat yang mencari manfaat khasiatnya, seharusnya menggunakannya dengan cara yang sama. Mereka yang memiliki kelenjar pituari yang sehat, mereka yang telah memacu hari-harinya dengan energi dan antusiasme yang besar, dan mereka yang tidak memiliki kelebihan berat badan tidak memerlukan ginseng. Orang-orang yang memiliki kelebihan berat dan sedikit susah bergerak mungkin bisa mendapatkan manfaat dengan sesekali meminum segelas teh ginseng, karena Ginseng dapat menurunkan berat badan juga

Cobalah sedikit dan jika Anda memperoleh pandangan baru mengenai hidup dan energi bertambah, mungkin Anda akan memahami mengapa bangsa China menyebutnya “keajaiban dunia”. http://massaidi.blogspot.com/2011/02/manfaat-ginseng-untuk-kesehatan.html













 Daun Ginseng Ginseng Daun & Bunga Ginseng
Daun dan Bunga GinsengAkar GinsengDaun & Bunga Ginseng

 

  • Kandungan Utama Ginseng (Panax Ginseng C.A. Mayer)


29 jenis saponin ginseng & Glikosida
16 jenis asam amino.
9 jenis polisakarida.
7 jenis vitamin.
Magnesium, Potassium dan unsur-unsur lain.
Germanium organik.

Kandungan Ginseng lainnya :

Kandungan kimia ginseng yang telah diketahui adalah glikosida.
Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida .
Selain itu, akar ginseng juga mengandungi 16 jenis ginsenosida seperti minyak asiri , panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat dan selulosa.
Ginseng mengandung karbohidrat kompleks, anti inflamasi, anti oksidan, dan memiliki unsur-unsur anti kanker
Pada tahun 1960 an, sejenis sebatian yang dikenal sebagai “terpenidol glycisides” telah ditemui oleh peneliti-peneliti Moskow dan Tokyo.

 

Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif lain seperti, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral.

Ginseng, menurut Dr. Samuel, mengandung dua bahan aktif, yakni

Fitokimia. (Fitokimia berupa betasitosterol, kampesterol, kariofilen, asam
sinamik, escin, asam ferulik, asam fumarik, ginsenosides, kaempferol, asam
oleanolik, asam panaxik, panaxin, saponin, stigmasterol, asam vanilik.)

Nutrien. (Nutrien yang dikandung adalah kalsium, serat, folat, zat besi, magnesium,mangan, fosfor, potasium, silikon, zinc, vitamin Bi, B2, B3, B5, dan C.)

“Ginsenosides merupakan elemen terpenting dari tanaman ginseng yang
berguna bagi kesehatan,” kata Dr. Samuel maupun Dr. Rachmat.

  • Khasiat & Manfaat Ginseng:


Ginseng

Khasiat Ginseng Untuk Obat Kuat – Ginseng merupakan obat herbal alternatif yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu kala sebagai obat kesehatan dan juga obat kuat bagi kaum laki laki. Sudah tidak diragukan lagi bahwa Khasiat Ginseng untuk kesehatan memang luar biasa, Mengkonsumsi ginseng yang dipadukan dengan ramuan obat lainnya juga cukup baik untuk kesehatan dan kekuatan syaraf dan motorik. Di Indonesia ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Khasiat Ginseng lainnya dapat kami jelaskan dalam urutan 7 khasiat ginseng berikut ini :

  1. Mengobati diabetes

  2. Mencegah perkembangan kanker

  3. Mengurangi stres mental

  4. Merangsang sistem kekebalan dan saraf

  5. Menurunkan kadar kolesterol

  6. Mengurangi Kelelahan

  7. Meningkatkan daya tahan atlet


Di tahun 1969, Brehman, ilmuwan dari Uni Soviet (kini Rusia), juga meneliti manfaat ginseng. Dia mendapatkan hasil bahwa tentara Uni Soviet yang mengonsumsi ginseng mampu lari lebih cepat ketimbang yang tidak makan
ginseng.
Manfaat ginseng  sebenarnya tidak hanya sebatas untuk kuat sex. Mari kita ketahui kandung yang terdapat pada ginseng. Namun dalam perkembangannya ginseng lebih dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa memperkuat fisik.

Ginseng
Sebuah penemuan baru oleh Rusia, menyatakan bahwa manfaat ginseng  yaitu :

Atasi Gangguan Ereksi
Bisa membantu perbaikan mental,
Menghilangkan anemia,
Membantu mencegah diabetes,
Neurosis, batuk, asma, dan TB.

Bahkan mereka menemukan bahwa ginseng juga bisa sangat bermanfaat untuk hati, juga dapat mengurangi efek signifikan dari mabuk.

Dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah

Warning : Yang perlu diingat, jika anda menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, perdarahan atau gangguan pembekuan, atau diabetes, janganlah mengkonsumsi ginseng tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. http://www.obatherbalalami.com/2011/04/manfaat-ginseng.html

Sumber :
http://www.mail-archive.com/forum@alumni-akabogor.net
http://pkukmweb.ukm.my
http://id.wikipedia.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking

TIPS MENJADI PRESENTER HANDAL Untuk menjadi presenter yang handal dan bertahan lama, diperlukan bukan hanya keterampilan berkomunikasi. Lebih dari itu, diperlukan karakter dan kemampuan “marketing” dalam menjual keahliannya tersebut. Di bawah ini, ada beberapa tips penting untuk menjadi presenter yang handal. Know Your Self Mengetahui dengan pasti kelebihan-kelebihan dirinya, yang dapat di pakai sebagai modal untuk ditonjolkan dan dipublikasikan. Jadi harus punya rasa percaya diri. Image Personality Penentuan brand image hendaknya dilakukan pertama kali saat akan memulai karier ini. Sebagai contoh, mau memilih image ‘serius’ atau ‘humoris.’ Selanjutnya harus konsisten dengan image tersebut, guna memilih acara-acara yang sesuai dengan image yang ingin ditonjolkan. Sebaiknya tetap konsisten pada pilihan awal, karena sekali kita terlibat dalam suatu pekerjaan akan menentukan image selanjutnya Great Character Menjaga sikap-sikap tertentu agar mendapat kepercayaan rekan bisnis, sep

Keladi Tikus

KELADI TIKUS KELADI TIKUS  Typhonium falgelliforme Melawan Kanker Keladi Tikus ( Typhonium falgelliforme ), suatu tanaman liar sejenis talas yang tingginya sekitar 25 – 30 cm, hidup pada ketinggian 1.00 meter di atas permukaan laut. Daun tunggalnya berbentuk bulat dengan ujung meruncing seperti jantung, muncul dari umbi dan berwarna hijau segar. Mahkota bunganya berbentuk panjang kecil berwarna putih mirip dengan ekor tikus, dari sinilah nama keladi-tikusdiberikan. Di China sering disebut sebagai Shui Banxai,dan orang Malaysia sering menyebutnya sebagai Rodent Tuber. Di Indonesia yang dikenal dengan nama : bira kecil, daun panta susu, kalamaong, ileus, ki babi, trenggiling mentik. Kandungan & Manfaat keladi tikus Bagi para petani di Asia Timur, tanaman Keladi tikus ini sudah tidak asing lagi. Ketika para penduduk desa menderita bisul atau problem kulit lainnya akibat racun, maka ampas tanaman yang ditumbuk langsung diaplikasikan ke bidang tubuh yang luka. Hasilnya: nanah keluar

Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Kesuksesan

PERAN KECERDASAN SPIRITUAL MENUJU KESUKSESAN Di atas kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi, mutlak diperlukan kecerdasan spiritual, yakni kemampuan orang untuk membedakan kebaikan dan keburukan dan kesanggupan untuk memilih atau berpihak pada kebaikan serta dapat merasakan nikmat berbuat baik. Orang yang kecerdasan spiritual tinggi akan merasakan kenikmatan spiritual tiada tara tatkala ia sanggup bebuat jujur, lurus, adil, meskipun akibatnya secara material atau secara duniawi mungkin ia harus menanggung kerugian. Dengan senantiasa menghidupkan hati nurani, menghidupkan Tuhan dalam kesadaran jiwa dan menjadikan Tuhan sebagai pusat orientasi semua tindakan orang akan terbebas kepalsuan hidup. Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi membawa orang pada kesuksesan. Kecerdasan spiritual membawa orang pada kebaikan yang kita inginkan adalah menjadi orang sukses yang baik. Tetapi ada ungkapan “It’s nice to be important but it’s more important to be nice” baik juga kalau bisa menjadi