Langsung ke konten utama

Tribulus Terrestris

Tribulus Terrestris


Tumbuhan ini adalah jenis tanaman berbunga (keluarga Zygophyllaceae), yang umumnya tumbuh di daerah sedang dan tropis Dunia Lama di selatan Eropa, Asia selatan, seluruh Afrika, dan Australia. Tanaman ini dapat berkembang di iklim gurun dan tanah yang buruk. Tanaman ini memiliki banyak sebutan termasuk puncturevine,caltrop, kepala kucing, pohon anggur kuning, goathead, duri setan, gulma setan, bulu mata setan, Burra gokharu dan bindii.

Tribulus sudah diakui dan memang terbukti mampu menambah kejantanan pria dengan meningkatkan kadar hormon testosteron. Testosteron adalah hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan otot sebagai simbol keperkasaan / kejantanan. Ekstrak dari Tribulus Terrestris digunakan untuk menyembuhkan disfungsi seksual seperti gejala-gejala penurunan fungsi seksual diantaranya penurunan libido atau gairah seksual dan ejakulasi dini. Cara kerja Tribulus Terrestris yaitu dengan cara meningkatkan kadar LH (Luteinizing Hormon) hingga secara otomatis meningkatkan kadar hormon testosteron dalam darah sejumlah 30%-50%.

Tribulus Terrestris dan Manfaatnya


Beberapa percobaan telah dilakukan untuk mengetahui khasiat dari ekstrak Tribulus Terrestris.

Hasil percobaan pemberian obat dengan kandungan extrak dari tribulus 3 kali sehari selama 2 minggu pada pria yang terkendala Impoten adalah 50% mengalami

peningkatan libido dan 60% terjadi peningkatan ereksi serta meningkatnya durasi sexual dengan waktu yang lebih lama serta tanpa efek samping yang negatif.

Hasil percobaan pemberian 750 mg Ekstrak Tribulus Terrestris perhari pada pria sehat adalah kadar hormon LH dalam darah meningkat hingga 72 %, Hormon testosteron dalam darah terjadi peningkatan hingga 41 %.

Dari hasil percobaan juga ditemukan bahwa Ekstrak Tribulus Terrestris mampu meningkatkan produksi sperma, kemampuan seksual serta daya tahan tubuh.

Beberapa penelitian Lain Tribulus Terrestris

1. Penurun tekanan darah, migren/ pusing dan nyeri haid.
Dari hasil uji klinis penderita tekanan darah sistole di atas 170 mmHg, saponin tribulus terrestris mampu menurunkan tekanan darah lebih dari 40 mmHg sebanak 80% penderita. Efek anti migren/ pusing disebabkan oleh mekanisme ICP ( Intracavernous Presser) .

ICP ini berfungsi melancarkan darah ke seluruh tubuh dan merelaksasi otot. Hal ini sangat tepat bagi penderita migren/ pusing karena gangguan peredaran darah. Saponinn mampu membantu keseimbangan hormon estrogen dan progesteron serta melenturkan otot kewanitaan sehingga berguna bagi wanita yang nyeri haid karena gangguan tersebut ( Zhong Yao Za Zi, August 2005; 4; 1290)

2. Penurun Kadar Gula Darah (Diabetes) dan Kolesterol
Penelitian terhadap efek hipoglikemik, saponin mampu menunjukkan penurunan kadar 26% sampai 40% kadar gula serum. Saponin tribulus terrestris juga mampu menurunkan kolesterol serum. ( Zhong Yao Cai, May 2003; 4; 341)

3. Efek Aprodisiak, Gairah seksual dan stamina tubuh
Protodioscin dalam tubuh menjadi Dehidroepiandrosteron ( DHEA) yang merupakan bahan dasar pembentuk hormon testosteron. Di samping itu protodioscin juga meningkatkan hormon luteinizing melalui mekanisme ICP. ( DHEA) dan luteinizing berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan mempertahankan stamina para atlet di kejuaraan Olimpiade. Furostanol merangsang kelenjar androgen di hipotalamu sehingga hormon sex menjadi lebih terlatih dan selalu aktif. ( Life Sci, Agust 2002; 71( 12) ; 96; 1385)

Tribulus Terrestris sekarang ini telah menjadi obat herbal terstandar untuk menguatkan otot, stamina, dan masalah seksual ( gairah, impotensi, ejakulasi dini dan susah punya keturunan) di negara Eropa, Timur Tengah dan Asia, di samping manfaat-manfaat lainnya.Baik digunakan untuk laki-laki dan wanita.

Dosis yang dianjurkan


Tribulus sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja karena berasal dari bahan alami. Dosis yang dianjurkan biasanya berkisar antara 750 mg sampai 2000 mg per hari, tergantung dari berat badan. Komponen aktif dari tribulus adalah furostanol saponins, maka carilah suplemen tribulus yang mengandung setidaknya 40% komponen ini.

Walaupun tidak mengakibatkan efek samping, dianjurkan tetap meng-“cycle” penggunaan suplemen ini, misalnya 2 minggu on dan 2 minggu off.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 5-10 mg/kg berat badan extract tribulus pada tikus percobaan mampu meningkatkan perilaku dan kemampuan seksual.

Dan juga percobaan pada pria yang menderita Inmpotensi yang mana kepada mereka diberikan obat yang mengandung extrak dari tribulus 3kali sehari selama 2 minggu, menunjukkan hasil 50% mengalami peningkatan libido dan 60% terjadipeningkatan ereksi serta durasi sexual yang lebih lama tanpa efek samping yang negatif.

Percobaan tersebut juga dilakukan pada pria sehat yang mana kepada mereka diberikan 750 mg tribulus terrestris perhari. Hasilnya, Kadar hormon LH dalam darah meningkat hingga 72 % sedang testosteron dalam darah mereka meningkat hingga 41 %. Selain itu Tribulus juga mampu meningkatkan produksi sperma,kemampuan seksual serta daya tahan tubuh.

Terlepas dari zat-zat apa saja yang terkandung dalam tanaman tersebut, yang jelas, Tribulus terrestris mampu menjawab masalah- masalah seksual bagi para pria. Oleh sebab itu tidak ada ruginya bagi para pria yang merasa mempunya masalah dengan kondisi seksual mereka untuk mencoba mengkonsumsi extrak tribulus terrestris.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1923189-tribulus-terrestris-dan-manfaatnya-bagi/#ixzz1wLapczy7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Speaking

TIPS MENJADI PRESENTER HANDAL Untuk menjadi presenter yang handal dan bertahan lama, diperlukan bukan hanya keterampilan berkomunikasi. Lebih dari itu, diperlukan karakter dan kemampuan “marketing” dalam menjual keahliannya tersebut. Di bawah ini, ada beberapa tips penting untuk menjadi presenter yang handal. Know Your Self Mengetahui dengan pasti kelebihan-kelebihan dirinya, yang dapat di pakai sebagai modal untuk ditonjolkan dan dipublikasikan. Jadi harus punya rasa percaya diri. Image Personality Penentuan brand image hendaknya dilakukan pertama kali saat akan memulai karier ini. Sebagai contoh, mau memilih image ‘serius’ atau ‘humoris.’ Selanjutnya harus konsisten dengan image tersebut, guna memilih acara-acara yang sesuai dengan image yang ingin ditonjolkan. Sebaiknya tetap konsisten pada pilihan awal, karena sekali kita terlibat dalam suatu pekerjaan akan menentukan image selanjutnya Great Character Menjaga sikap-sikap tertentu agar mendapat kepercayaan rekan bisnis, sep

Keladi Tikus

KELADI TIKUS KELADI TIKUS  Typhonium falgelliforme Melawan Kanker Keladi Tikus ( Typhonium falgelliforme ), suatu tanaman liar sejenis talas yang tingginya sekitar 25 – 30 cm, hidup pada ketinggian 1.00 meter di atas permukaan laut. Daun tunggalnya berbentuk bulat dengan ujung meruncing seperti jantung, muncul dari umbi dan berwarna hijau segar. Mahkota bunganya berbentuk panjang kecil berwarna putih mirip dengan ekor tikus, dari sinilah nama keladi-tikusdiberikan. Di China sering disebut sebagai Shui Banxai,dan orang Malaysia sering menyebutnya sebagai Rodent Tuber. Di Indonesia yang dikenal dengan nama : bira kecil, daun panta susu, kalamaong, ileus, ki babi, trenggiling mentik. Kandungan & Manfaat keladi tikus Bagi para petani di Asia Timur, tanaman Keladi tikus ini sudah tidak asing lagi. Ketika para penduduk desa menderita bisul atau problem kulit lainnya akibat racun, maka ampas tanaman yang ditumbuk langsung diaplikasikan ke bidang tubuh yang luka. Hasilnya: nanah keluar

Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Kesuksesan

PERAN KECERDASAN SPIRITUAL MENUJU KESUKSESAN Di atas kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi, mutlak diperlukan kecerdasan spiritual, yakni kemampuan orang untuk membedakan kebaikan dan keburukan dan kesanggupan untuk memilih atau berpihak pada kebaikan serta dapat merasakan nikmat berbuat baik. Orang yang kecerdasan spiritual tinggi akan merasakan kenikmatan spiritual tiada tara tatkala ia sanggup bebuat jujur, lurus, adil, meskipun akibatnya secara material atau secara duniawi mungkin ia harus menanggung kerugian. Dengan senantiasa menghidupkan hati nurani, menghidupkan Tuhan dalam kesadaran jiwa dan menjadikan Tuhan sebagai pusat orientasi semua tindakan orang akan terbebas kepalsuan hidup. Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi membawa orang pada kesuksesan. Kecerdasan spiritual membawa orang pada kebaikan yang kita inginkan adalah menjadi orang sukses yang baik. Tetapi ada ungkapan “It’s nice to be important but it’s more important to be nice” baik juga kalau bisa menjadi